Gubernur DKI: Kebutuhan Kostum APD Penanganan Pasien Covid-19 di Jakarta 1.000 Unit Per Hari - Trias Politika
  • Breaking News

    Gubernur DKI: Kebutuhan Kostum APD Penanganan Pasien Covid-19 di Jakarta 1.000 Unit Per Hari

    Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan



    JAKARTA - Kebutuhan kostum alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang menangani pasien virus corona (Covid-19) di DKI Jakarta rata-rata per hari mencapai 1.000 unit. Kebutuhan tersebut diperkirakan terus bertambah seiring jumlah pasien corona.

    Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, telah menerima kostum ADP dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebanyak 40.000 unit. Kostum tersebut kemudian didistribusikan kepada isntansi terkait yang bertugas menangani pasien corona.

    "Rata-rata penggunaan APD kemarin mecapai 1.000 per hari. itu mencerminkan orang yang harus di rawat," ujar Anies saat menyerahkan kostum ADP kepada sejumlah perwakilan instansi di Balai Kota Jakarta, Senin (23/3/2020).

    Dia menuturkan, APD merupakan alat kesehatan yang hanya sekali pakai. Sehingga kebutuhannya sangat ditentukan dengan jumlah pasien corona. "Mudah-mudahan pasien corona tidak meningkat," ucapnya.

    Menurutnya, ADP tidak hanya diberikan sebatas kepada rumah sakit rujukan di Jakarta. ADP juga diberikan kepada instansi maupun petugas yang menangani pasien corona.

    Mulai dari puskesmas hingga petugas ambulans. "Ambulans Gawat Darurat (AGD) mereka jug banyak menjemput pasien Covid-19, kepala laboratorium kesehatan daerah," katanya.