Jubir Pemerintah: Jaga Jarak Juga Berlaku di Dalam Rumah! - Trias Politika
  • Breaking News

    Jubir Pemerintah: Jaga Jarak Juga Berlaku di Dalam Rumah!

    Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid19, Achmad Yurianto



    JAKARTA - Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid19, Achmad Yurianto kembali mengingatkan masyarakat untuk menjalankan imbauan pemerintah agar menjaga jarak fisik alias physical distancing.

    Yurianto mengatakan saat ini kunci agar penyebaran virus Corona tidak semakin menyebar luas adalah dengan physical distancing. Menurutnya, physical distancing akan dapat secara efektif memutus rantai penyebaran Covid19. Dia menegaskan menjaga jarak (physical distancing) bukan hanya berlaku dalam interaksi sosial namun juga diterapkan di dalam rumah.

    "Dua hal yang ingin saya sampaikan  untuk mencegah penyakit ini. Pertama jaga jarak dalam kontak interaksi sosial. Bukan hanya di luar rumah tapi juga di dalam rumah," ujarnya di kantor BNPB, Jakarta Timur, Rabu (25/3/2020).

    Yurianto menambahkan hal yang kedua agar tidak terjangkit Covid19 adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dengan air yang mengalir disebutnya lebih efektif menangkal penularan virus daripada menggunakan hand sanitizer. 

    "Kedua kalau ada yang sakit gunakan masker. Yang lebih penting adalah cuci tangan pakai sabun. Tak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif dengan sabun. Dengan sabun kita akan menggunakan air yang mengalir dan kita bisa masih celah-celah kuku dan sebagainya dengan baik," tandas Yurianto.