Jumat 13 Maret Raja dan Ratu Belanda Dijadwalkan Kunjungi Danau Toba - Trias Politika
  • Breaking News

    Jumat 13 Maret Raja dan Ratu Belanda Dijadwalkan Kunjungi Danau Toba

    Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima



    JAKARTA - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, Raja dan Ratu Belanda (Willem-Alexander dan Maxima), akan mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara, pada Jumat 13 Maret 2020.

    “Kita akan sambut tamu kehormatan kita, Raja dan Ratu Belanda dalam kunjungan kenegaraan di Sumatra Utara,” ujar Gubernur Edy menjawab wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Senin (9/3/2020).

    Gubernur Edy mengimbau masyarakat turut menyambut kedatangan kedua tamu tersebut. Antara lain dengan ikut menjaga rasa aman, nyaman, dan damai. Serta menjaga kebersihan dan menunjukkan kebesaran adat dan budaya selama Ratu dan Raja Belanda berada di Sumut.

    “Merupakan suatu kehormatan besar bagi Sumatera Utara ketika Raja dan Ratu Belanda boleh berkunjung ke Sumatra Utara. Tentunya ini akan mengharumkan Sumatera Utara. Dan khususnya pariwisata kawasan Danau Toba agar semakin terkenal ke seantero dunia,” ujar Edy.

    Baca juga : Tabrakan Tragis Longboat L300 dengan Speedboat TNI di Palangkaraya, Dandim 1011 Ditemukan Tewas

    Gubernur Edy melalui Asisten Administrasi Umum dan Aset M Fitriyus menyebutkan daftar daerah lokasi wisata yang akan dikunjungi ratu dan raja itu.

    Antara lain tiba Bandara Internasional Silangit di Siborongborong pukul 10.30 WIB. Gubernur Edy akan menyambut kedatangan raja dan ratu tersebut.

    Kemudian mengunjungi Bukit Singgolom di Desa Lintong Ni Huta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Di sana, raja dan ratu akan mengabadikan momen indah lewat foto-foto.

    Kemudian ke perkampungan Siambat Dalan juga di Desa Lintong Ni Huta, Tampahan, Kabupaten Toba dan mengunjungi perkampungan tradisional Batak. Lalu selepas itu ke Institut Teknologi DEL di Sitolu Ama, Kecamatan Laguboti, Toba.

    Selepas itu, menuju Pelabuhan Balige untuk pergi ke Ecovillage (desa wisata lingkungan) Silima Lombu di Onan Runggu, Kabupaten Samosir. Mereka akan menaiki speedboat.

    Baca juga : 6 Staf Meninggal Akibat Tabrakan Speedboat di Palangkaraya, KLHK Naikan Bendera Setengah Tiang

    Setelah dari Silima Lombu, rombongan Bangsawan Belanda itu menuju Hotel Inna Parapat untuk istrahat. Pada Jumat sore, dijadwalkan memberikan keterangan kepada wartawan (press briefing).

    Dan selepas itu, bergerak menuju Bandara Kuala Namu untuk kemudian terbang kembali ke negara Belanda.

    Berikut jadwal dan lokasi wisata yang dikunjungi Raja dan Ratu Belanda:

    10.30 Tiba di Bandara Silangit
    10:40 Berangkat menuju Bukti Singgolom
    10:45 Foto bersama
    11:20 Berangkat ke Desa Siambat Dalan.
    11:25 Melihat Desa Tradisional Batak
    11:55 Berangkat menuju Institut Teknoligi DEL.
    13:00 Makan siang bersama
    13:40 Berangkat menuju pelabuhan Balige.
    14:00 Menaiki perahu menuju Desa Silima Lombu.
    14:30 Mengunjungi Desa Silima Lombu
    15:10 Menuju Hotel Inna Prapat
    15:30 Istirahat
    16:00 Pengarahan konferensi pers
    17:00 Ucapan terima kasih.
    17:10 Berangkat menuju Bandara Kualanamu terbang ke Belanda.