Pasien Terduga Corona di Jakarta Mencapai 330 Orang - Trias Politika
  • Breaking News

    Pasien Terduga Corona di Jakarta Mencapai 330 Orang

    RS Sulianti Saroso (dok)



    JAKARTA – Asisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov DKI Catur Leswanto mengungkapkan hingga Kamis (5/3/2020) siang, jumlah pasien terduga terkena Covid-19 atau virus Corona sudah mencapai 330 orang.

    Catur yang juga Ketua Tim Sigap Covid-19 mengatakan data itu dikumpulkan sejak 1 Januari 2020.

    Dikatakannya, terduga Corona ini terbagi dua golongan, yakni pasien yang dalam tahap pemantauan ada 266 orang dan 121 orang sudah dinyatakan terbebas dari virus asal Tiongkok itu namun tahap pengawasan.

    “Yang 121 orang sudah selesai dalam pemantauan artinya mereka sudah sehat sepenuhnya,” ujar Catur, Kamis (5/3/2020).

    Selain itu, untuk pasien yang dalam tahap pengawasan, Catur menyebut jumlah totalnya mencapai 64 orang. Namun 34 di antaranya sudah dinyatakan sembuh total.

    Ia menegaskan pasien dalam tahap pengawasan maupun pemantauan bukan positif corona. Pihak yang berhak menyatakan adanya pasien positif corona adalah Kementerian Kesehatan.

    Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan tidak seluruh warga suspect corona itu masih ditangani.

    Sebagian di antaranya 121 orang sudah dinyatakan negatif corona. Sementara 120 orang di antaranya masih menjalani masa pemantauan.

    “120 orang dalam pemantauan masih dipantau,” ujar Dwi dalam keterangan tertulisnya pada hari Rabu (4/3/2020).

    Selain itu, dari 56 pasien yang menjalani masa pengawasan, 30 orang sudah selesai diperiksa dan dinyatakan bebas dari corona. Meski demikian, masih ada 26 orang yang mendapatkan pengawasan. (r)