Presiden Tegaskan Belum Ada Opsi Lockdown Hadapi COVID-19 - Trias Politika
  • Breaking News

    Presiden Tegaskan Belum Ada Opsi Lockdown Hadapi COVID-19

    Presiden Joko Widodo.(Setkab)




    JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan belum akan mengambil opsi 'lockdown' untuk Indonesia dalam mengahadapi pandemi Covid19. Hal ini ditegaskan Presiden dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020).

    "Sampai saat ini tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lockdown," tandas Presiden.

    Jokowi mengatakan kebijakan lockdown merupakan kebijakan nasional yang berada di tangan pemerintah pusat. Menurutnya pemerintah daerah tidak dapat menetapkan status lockdown terhadap daerahnya.

    "Perlu saya tegaskan kebijakan lockdown baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah adalah kebijakan pemerintah pusat. Kebijakan ini tidak boleh  diambil oleh pemerintah daerah," tegas dia.

    Dalam kesempatan itu Presiden juga  menegaskan kebijakan pemerintah daerah yang bersifat besar terkait penanggulangan Covid19 harus dibahas lebih dahulu dengan pemerintah pusat. Pemerintah daerah dapat berkoordinasi dengan kementerian terkait dan Satgas Penanggulangan Covid19.

    "Semua kebijakan besar di tingkat daerah terkait Covid19 harus dibahas terlebih dahulu dengan pemerintah pusat. Untuk mempermudah komunikasi saya minta kepala daerah untuk berkonsultasi membahasnya dengan kementerian terkait dan satgas covid19," terang Jokowi.