Sebut Orang Miskin Tak Perlu Khawatir karena Kebal Corona, Gubernur Ini Memicuh Kontroversi - Trias Politika
  • Breaking News

    Sebut Orang Miskin Tak Perlu Khawatir karena Kebal Corona, Gubernur Ini Memicuh Kontroversi

    ilustrasi



    MEXICO CITY – Pernyataan gubernur di Meksiko memicu kontroversi di kalangan publik negeri itu lantaran menyebut orang miskin kebal terhadap virus corona (Covid-19). Gubernur Negara Bagian Puebla, Luis Miguel Barbosa, saat konferensi pers awal pekan ini mengatakan, masyarakat miskin di negaranya tidak perlu khawatir soal pandemi global itu.

    “Kebanyakan dari mereka (yang terinfeksi Covid-19) adalah orang kaya. Jika Anda kaya maka Anda berisiko. Jika miskin tidak. Orang miskin kebal,” ucapnya kala itu seperti dikutip The Guardian, Kamis (26/3/2020).

    Tak ada satu pun kajian ilmiah yang membuktikan bahwa hanya orang kaya yang berisiko terinfeksi virus corona. Namun, Gubernur Barbosa mengatakan, mereka yang bepergian ke luar negeri bisa lebih berisiko terpapar Covid-19.

    Dia tampaknya mengkaitkan kemampuan melakukan perjalanan ke mancanegara dengan kemampuan finansial orang-orang kaya. Dia pun lantas berasumsi bahwa orang miskin tidak berisiko.

    Di Meksiko kini tercatat ada 475 kasus infeksi virus corona. Para ahli meyakini jumlah tersebut jauh lebih banyak lantaran tak sedikit rumah sakit umum menolak untuk memeriksa pasien dengan gejala infeksi virus asal Wuhan, Cina itu.

    Hari ini virus itu telah menjangkiti penduduk di sedikitnya 175 negara dan kawasan, menurut data yang dihimpun oleh Johns Hopkins University yang berbasis di AS. Lebih dari 531.000 kasus dilaporkan secara global dengan jumlah kematian melebihi 24.000 jiwa dan lebih dari 122.000 orang dinyatakan sembuh.

    Kendati jumlah kasus meningkat, kebanyakan orang yang tertular virus hanya mengalami gejala ringan sebelum akhirnya dinyatakan sembuh.