Tanggap Corona, PMKRI Pusat Gelar Latihan Pembuatan Hand Sanitizer - Trias Politika
  • Breaking News

    Tanggap Corona, PMKRI Pusat Gelar Latihan Pembuatan Hand Sanitizer

    Ketua Presidium PMKRI Cabang Jakarta Pusat Darius Prawiro Deusritus



    JAKARTA - Perkembangan terkait wabah virus Corona yang sangat masif akhir-akhir ini membuat masyarakat cemas. Hal ini membuat masyarakat bahu-membahu dukung arahan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini.

    Demikian pula dalam situasi yang darurat ini mendorong wadah Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Jakarta Pusat untuk turut berpartisipasi dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan membuat Hand Sanitizer.

    Pelatihan ini juga bertujuan untuk mendorong kreativitas masyarakat agar berinisiatif membuat sanitizer sendiri dengan biaya yang sangat murah juga untuk mengatasi kelangkaan cairan hand sanitizer. Pelatihan tersebut digelar di gedung Margasiswa I PMKRI, Menteng - Jakarta Pusat.

    Pelatihan yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut diikuti oleh sebanyak 15 peserta, yang semuanya adalah anggota PMKRI Cabang Jakarta Pusat. Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan membuat Hand Sanitizer sendiri yang aman yang nyaman ketika digunakan.


    Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Jakarta Pusat Hendriko Paulino Dama Wiki dalam ketika dikonfirmasi wartawan www.publico.id di lokasi kegiatan mengatakan bahwa pelatihan ini diinisiasi oleh kawan-kawan yang merasa keprihatinan dengan kondisi kelangkaan barang Hand Sanitizer yang terjadi di masyarakat sejak merebaknya penularan virus corona.

    "Ini merupakan bentuk aksi nyata PMKRI Cabang Jakarta Pusat dalam membantu upaya melawan virus Corona. Kita merasakan betul kelangkaan beberapa barang di pasaran. Selain masker, juga Hand Sanitizer. Maka kita melakukan ini sebagai bentuk kepedulian kita akan situasi yang terjadi". Ujarnya, Jumat, (20/03/2020)

    Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat memersiapkan diri mengantisipasi agar tidak mudah terpapar virus corona yang mematikan itu.

    "Ya, ini untuk membantu semua orang mempermudah akses masyarakat mendapatkan Hand Sanitizer". paparnya.

    Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua Presidium PMKRI Cabang Jakarta Pusat Darius Prawiro Deusritus menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal yang penting bagi PMKRI Cabang Jakarta Pusat untuk berpartisipasi dalam upaya bersama memberantas Corona.

    "Ini baru langkah awal. Kedepan kita adalah untuk memproduksi sebanyak mungkin dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat", ujar putra Maumere Flores Nusa Tenggara Timur tersebut.


    Selain itu, lanjut Darius, PMKRI Jakarta Pusat juga akan membuka posko peduli Corona untuk menampung tim medis dan relawan yang bertugas di area Menteng dan sekitarnya.

    "Kita akan membuka posko. Kalau situasinya memburuk, tentu saja akses orang kepada bahan makanan akan terganggu. Posko akan kita hadirkan disini untuk menjadi tempat alternatif bagi semua tim dan relawan yang bertugas", tandasnya.

    Disela-sela kegaiatan ini, Mahasiswa Universitas MPU Tantular tersebut mengimbau agar semua masyarakat bahu membahu melawan virus corona.

    "Kami mengajak semua masyarakat, khususnya kaum muda untuk tidak takut. Mengurung diri bukan solusi, waspada OK. Mari bahu membahu bersama semua pihak berkontribusi mengatasi wabah penyakit mematikan ini", pungkas Ritus.

    Selain pengadaan Hand Sanitizer dan posko, PMKRI Cabang Jakarta Pusat juga berencana akan menyediakan dapur umum bagi warga yang membutuhkan bantuan makanan.

    (red/publico)