Covid-19 Mampu Membelah Diri dan Bermutasi - Trias Politika
  • Breaking News

    Covid-19 Mampu Membelah Diri dan Bermutasi

    Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto



    JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan karakteristik virus Corona bisa mereplika diri dan bermutasi di dalam tubuh manusia. Jumlah virus dalam tubuh akan berpengaruh terhadap gambaran keluhan klinisnya. Semakin banyak virus maka semakin berat gejala yang dirasakan.

    "Sifat virus Corona ini adalah mampu berkembang biak dengan cara memecah diri, mereplika diri sendiri dan sering bermutasi. Secara klinis gambaran viral load, jumlah virus yang masuk ke dalam tubuh akan berpengaruh terhadap gambaran keluhan klinisnya. Semakin banyak virus yang masuk ke dalam tubuh kita, maka akan semakin berat gejala fisik yang muncul," ujarnya di kantor BNPB, Jakarta, Senin (13/4/2020).

    Ditegaskannya, berdiam diri di rumah dapat menghindarkan diri dari paparan virus yang semakin banyak yang dapat berpengaruh terhadap kondisi fisik. Penyebaran cepat Covid-19 menurut Yurianto sebagai gambaran aktivitas sosial belum dibatasi dengan baik.

    "Ini gambaran aktivitas sosial kita belum kita batas dengan baik. Karena itu mari bersama kita pahami, harus sadar, diantara keluarga masyarakat ada kelompok yang rentan terinfeksi, rentan terpapar virus, yakni mereka yang memiliki aktivitas sosial yang sangat aktif. Masih berada di luar rumah untuk hal-hal yang kadang tidak penting. Akibatnya akan banyak terpapar oleh virus yang dibawa orang lain," jelas dia.

    Sebab itu Yurianto kembali mengimbau agar masyarakat mematuhi imbauan pemerintah  untuk tidak bepergian dan tetap tinggal di rumah.  Dia berharap agar pembatasan sosial berskala besar di beberapa daerah ditaati secara baik.

    "PSBB adalah kebijakan pemerintah yang harus dipatuhi bukan hanya untuk diketahui," tandas Yurianto.

    No comments