Hadapi Kritik Pedas, Dirjen WHO Dr Tedros Diminta AS Bersaksi Soal Penanganan Corona - Trias Politika
  • Breaking News

    Hadapi Kritik Pedas, Dirjen WHO Dr Tedros Diminta AS Bersaksi Soal Penanganan Corona

    Hadapi Kritik Pedas, Dirjen WHO Dr Tedros Diminta AS Bersaksi Soal Penanganan Corona (foto ist)



    WASHINGTON - Senator Amerika Serikat Todd Young menyerukan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus untuk menghadap subkomite Senat Hubungan Luar Negeri untuk menjawab pertanyaan tentang penanganan organisasi tersebut terhadap pandemi virus corona.

    WHO dalam beberapa hari terakhir menghadapi kritik pedas dari Senat Republik dan Presiden AS Donald Trump, yang berpendapat organisasi itu tidak melakukan cukup banyak untuk meneliti respon China terhadap wabah tersebut.

    "Ini telah memberikan sanksi terhadap tanggapan kasar orang China dan informasi yang salah yang diabadikan oleh orang China," kata Young dalam sebuah wawancara seperti dikutip South China Morning Post.

    "Di semua sisi, saya tidak hanya tidak terkesan tetapi juga marah karena respon dan kinerja Organisasi Kesehatan Dunia," lanjut dia.

    Dalam suratnya kepada Tedros, Young mengkritik WHO karena memuji tanggapan awal China terhadap virus corona dan karena mengandalkan data dari pemerintah China.

    "Kegagalan sistematis pemerintah China, kegagalan yang diverifikasi oleh komunitas intelijen kami, untuk secara akurat melaporkan jumlah kasus yang merusak pengetahuan epidemiologis kami tentang Covid-19," tulisnya.

    Young meminta Tedros untuk hadir di hadapan Subkomite Hubungan Luar Negeri Senat tentang Lembaga Multilateral untuk audiensi tentang bagaimana uang dari federal AS akan diberikan kepada WHO di masa mendatang.

    Young mengatakan ia optimistis Tedros akan muncul di hadapan komite mengingat bahwa Amerika Serikat adalah negara penyumbang terbesar organisasi itu. Surat Young datang setelah Trump mengatakan pada konferensi pers bahwa Amerika Serikat akan menahan uang yang dihabiskan untuk WHO.

    Sebelumnya hujan kritik dari politis AS sudah banyak yang menghampiri WHO. Senator Rick Scott telah menyerukan penyelidikan kongres ke dalam tanggapan WHO dan menyarankan Amerika Serikat untuk menghentikan pendanaan.

    Sementara itu, Senator Martha McSally telah meminta Tedros untuk mengundurkan diri.

    Namun Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo nampaknya menentang ide itu. “Ini bukan waktunya untuk melakukan perubahan semacam itu,” kata Pompeo.

    "Akan ada banyak waktu untuk melihat ke belakang dan melihat bagaimana kinerja Organisasi Kesehatan Dunia," kata Pompeo.

    Tedros pun terus membela diri atas penanganan WHO terhadap pandemi ini. Ia pun yakin Amerika Serikat akan terus menyumbangkan dananya ke lembaga tersebut.