Kemenlu Cina Klaim sudah Ingatkan AS Soal Wabah Corona Sejak Januari 2020 - Trias Politika
  • Breaking News

    Kemenlu Cina Klaim sudah Ingatkan AS Soal Wabah Corona Sejak Januari 2020

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Hua Chunying



    BEIJING - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Amerika Serikat dan mengumumkan, Beijing secara resmi sudah menginformasikan tentang Virus Corona kepada Amerika sejak bulan Januari 2020.

    Fars News (12/4/2020) melaporkan, Hua Chunying di akun Twitternya menulis, Covid-19 adalah virus yang tidak dikenal manusia, dan Cina negara pertama yang melaporkannya secara terbuka, transparan dan dengan penuh tanggung jawab menananginya sehingga bisa mengontrolnya dalam waktu dua bulan.

    Ia menambahkan, kami sudah sampaikan informasi tentang hal ini kepada Amerika secara resmi pada bulan Januari 2020. Para pakar Amerika akhir Januari masih berada di Cina, dan pada 25 Januari sudah mendapat penjelasan di Wuhan. Amerika pada 2 Februari 2020 menutup perbatasan dengan Cina, tapi dua bulan kemudian sungguh disesalkan, ditemukan kasus infeksi dan kematian akibat Covid-19 di Amerika.

    Menurut Hua Chunying, Cina dengan populasi 1,4 miliar jiwa, dengan luas wilayah 9,6 juta kilometer, diserang pandemi ini. Kuatlah Amerika.

    Beberapa bulan yang lalu sejumlah pejabat Amerika mengeluarkan tuduhan tak berdasar kepada Cina, dan mendapat reaksi keras dari Beijing.

    No comments