Megawati Masuk Dalam Struktur Kepengurusan Partai Demokrat Periode 2020-2025 - Trias Politika
  • Breaking News

    Megawati Masuk Dalam Struktur Kepengurusan Partai Demokrat Periode 2020-2025

    Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)



    JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengumumkan struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025. Pengumuman ini persis satu bulan sejak dia ditunjuk sebagai ketum dalam Kongres V Partai Demokrat di JCC, 15 Maret 2020.

    AHY menuturkan, secara garis besar kepengurusan di pusat akan terdiri atas dua bagian. Pertama, Majelis Tinggi Partai beserta Dewan Pertimbangan Partai, Dewan Kehormatan Partai dan Mahkamah Partai. Kedua Dewan Pimpinan Pusat atau DPP.

    "Pengurus harian berjumlah 100 orang, terdiri atas eselon pimpinan, eselon pembantu pimpinan dan eselon pelaksana. Sedangkan pengurus pleno berjumlah 200 orang, yakni 100 orang pengurus harian ditambah 100 orang lainnya,” kata AHY, Rabu (15/4/2020) malam.

    Dia menjelaskan, 100 orang lainnya tersebut terdiri atas sekretaris departemen dan staf, sekretaris direktur eksekutif dan staf, sekretaris badan dan staf, serta para kepala Biro di tiap-tiap departemen.

    Menurut suami dari Annisa Pohan ini, struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat 2020-2025 ditentukan berdasarkan pertimbangan yang cermat, dengan memperhatikan rekam jejak kader, serta melihat tantangan yang akan dihadapi partai.

    Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Linda Megawati

    Atas dasar itu, kata dia, struktur kepengurusan dibuat berdasarkan pada prinsip profesional, efektif, efisien, dan modern dalam menghadapi tantangan tugas-tugas partai ke depan.

    “Akhirnya, saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh Pengurus DPP Partai Demokrat periode 2020-2025. Mari kita wujudkan harapan rakyat,” kata dia.

    Berdasarkan struktur kepengurusan, jabatan sekretaris jenderal dipercayakan kepada Teuku Rieky Harsya. Wakil Ketua Komisi I DPR ini menggantikan Hinca IP Panjaitan.

    Adik kandung AHY, Edhie Baskoro Yudhyono atau Ibas dipercaya sebagai wakil ketua umum (waketum). Selain Ibas, jabatan waketum juga dipercayakan kepada kader senior Benny K Harman, Marwan Cik Asan, Vera Febrianti Rumangkang, Willem Wandik dan Yansen Tipa Pandan.

    Di jajaran kepala departemen, antara lain terdapat Linda Megawati yang ditunjuk sebagai kepala departemen perindustrian, perdagangan, dan investasi.

    Linda Megawati saat ini merupakan anggota Komisi VI DPR 2019-2020. Legislator asal Subang ini melenggan ke Senayan dari daerah pemilihan Jawa Barat IX. Di jajaran kepala departemen, terdapat pula kader senior Didi Irawadi Syamsuddin yang menjabat kepala departemen luar negeri.

    No comments