Penyanyi TOP Glenn Fredly Berpulang karena Penyakit Meningitis - Trias Politika
  • Breaking News

    Penyanyi TOP Glenn Fredly Berpulang karena Penyakit Meningitis

    Penyanyi Glenn Fredly



    JAKARTA - Kabar duka datang dari industri hiburan Tanah Air. Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020). Pelantun lagu ‘Terserah’ itu mengembuskan napas terakhirnya di usia 44 tahun.

    “Bung Glenn fredly orang baik.. musisi panutan.. innalilahi wainnailahi rajiun... telah berpulang salah satu musisi terbaik,” tulis vokalis D’ Masiv, Rian Ekky Pradipta di Twitternya, Rabu (8/4/2020).

    Penyakit meningitis disebut menjadi penyebab meninggalnya Glenn Fredly secara mendadak. Sebelum meninggal dunia, suami Mutia Ayu ini sempat dilarikan ke rumah sakit.

    “Telah meninggal dunia saudara musisi Glenn Fredly akibat penyakit meningitis/kelenjar,” tulis sebuah pesan broadcast yang diterima redaksi, Rabu (8/4/2020).

    Dalam pesan tersebut, tertulis bahwa Glenn meninggal di Rumah Sakit Setia Mitra Fatmawati, pukul 18.00 WIB.

    Meningitis atau radang selaput otak adalah peradangan yang terjadi pada meningen, yaitu lapisan pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang.

    Meningitis dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti infeksi bakteri, virus, jamur, atau parasit. Kondisi-kondisi tertentu, seperti melemahnya sistem imun tubuh, juga dapat memicu munculnya meningitis.

    Namun, jenis yang sering muncul dalam berbagai kasus adalah meningitis meningokokus, yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis.

    "Ini bisa sangat serius. Ini dapat menyebabkan kerusakan otak dan gangguan pendengaran. Dalam kasus terburuk, itu dapat menyebabkan kematian hanya dalam beberapa jam," kata Aileen Marty, MD, profesor penyakit menular di Fakultas Kedokteran Florida International University Herbert Wertheim College of Medicine, seperti dilansir laman Health.

    Penyebab

    Penyakit yang disebabkan oleh bakteri, meningitis dapat menular melalui air liur orang yang terinfeksi. Ahli epidemiologi di Divisi Penyakit Bakteri di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, Jessica MacNeil, menjelaskan bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit meningitis, membutuhkan kontak yang sangat dekat untuk menyebar.

    Gejala

    Beberapa gejala meningitis di antaranya demam mendadak, sakit kepala, dan leher yang terasa kaku. Gejala lain termasuk mual dan muntah, kelelahan, dan membuat sensitivitas terhadap cahaya meningkat.