Peserta Kartu Prakerja Gelombang Pertama Diumumkan Hari Ini, Yu..Cek Nama Anda Jika Sudah Terdaftar - Trias Politika
  • Breaking News

    Peserta Kartu Prakerja Gelombang Pertama Diumumkan Hari Ini, Yu..Cek Nama Anda Jika Sudah Terdaftar

    ilustrasi



    JAKARTA - Pemerintah menyatakan pendaftaran kartu pra kerja sudah menjaring sebanyak 2.061.500 orang pelamar yang sudah terverifikasi.

    Dari daftar itu, rencananya pemerintah akan mengumumkan nama-nama siapa saja yang berhak menjadi peserta kartu pra kerja gelombang pertama.

    Jangan lewatkan, rencananya pengumuman akan dilakukan pada hari ini, Jumat (17/4) pukul 10.00 WIB. Anda yang telah mendaftar akan mendapatkan notifikasi.

    Baca Juga: Dibantu Gudang Garam, Proyek Bandara dan Jalan Tol Kertosono-Kediri Segera Dikerjakan

    Sebagai gambaran, pada gelombang pertama pemerintah hanya memberikan kesempatan kepada 146.000 peserta saja. Baru nanti pada gelombang ke dua jumlah peserta akan ditambah menjadi 200.000 orang

    Hal ini diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kamis (16/4) malam melalui akun instagramnya.

    Baca Juga: Turun 630 Basis Point, IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Jadi -3%

    Airlangga menyebut hingga akhir penutupan pendaftaran gelombang I hari Kamis (16/4) pukul 16.00 WIB, pemerintah telah mengumpulkan data jumlah warga yang melakukan registrasi sebanyak 5.923.350. 



    Dari jumlah itu yang sudah melakukan verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebanyak 3.269.445  atau sebanyak 55%. Selanjutnya yang sudah bergabung di gelombang pendaftaran atau Join Batch pertama sebanyak 2.061.500.

    Peserta yang telah mendaftar ini Airlangga mercatat antusiasme yang luar biasa. Mereka berasal dari Aceh sampai Papua.

    "Bagi peserta yang telah diterima, maka dapat langsung memilih pelatihan yang diinginkan. Apabila pendaftar belum diterima, calon peserta dapat bergabung di gelombang pendaftaran selanjutnya, tanpa perlu mengulang proses pendaftaran dari awal," tandas Airlangga.

    Baca Juga: PT Bank Mandiri Tbk Salurkan Bantuan Alkes ke RS Rujukan Covid-19 di Jakarta

    Pada program kartu pra kerja ini, ada sebanyak 2.000 jenis pelatihan secara daring dari 198 lembaga pelatihan yang bekerjasama dengan delapan platform digital yang digandeng oleh pemerintah.

    Kesemua platform pelatihan dengan cara daring itu, tentunya berguna untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan yang dibutuhkan.

    Airlangga menyebut pada Kamis (16/4) sore dirinya bersama Kepala Staf Kantor Kepresidenan, Moeldoko, juga perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja, Sekretaris Kementerian Perekonomian, Deputi, dan pimpinan PMO Kartu Prakerja melakukan konferensi pers terkait perkembangan pendaftaran Kartu Prakerja untuk gelombang pertama.

    Sesuai jadwal, pengumuman untuk peserta yang diterima di gelombang pertama ini akan diumumkan mulai besok, Jumat (17/4), sampai Senin (20/4) pukul 10.00 WIB.

    Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi, 4 Juta Masyarakat Telah Mendaftar Program Kartu Prakerja

    "Kini pemerintah tengah mempersiapkan pendaftaran untuk gelombang kedua yang akan dibuka pada Senin, 20 April pukul 08.00 WIB sampai dengan Kamis, 23 April 16.00 WIB.

    Airlangga juga menyampaikan apresiasi untuk seluruh kementerian/lembaga, pemerintah daerah serta berbagai pihak yang telah memberikan support terkait perkembangan program sejauh ini secara positif.

    Baca Juga: Harga Minyak Dunia Terjun Bebas, BBM Kapan Turun?

    "Kami berharap semoga menjadi langkah yang baik dalam membantu masyarakat khususnya yang terdampak pandemi virus corona Covid-19," katanya.

    No comments