Program Jaring Pengaman Sosial Terdampak Corona, Menko Luhut: BLT Cair Pekan Ini - Trias Politika
  • Breaking News

    Program Jaring Pengaman Sosial Terdampak Corona, Menko Luhut: BLT Cair Pekan Ini

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan



    JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bantuan langsung tunai (BLT) mulai dicairkan pekan ini. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin yang terdampak virus corona (Covid-19).

    Luhut mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan pendataan secara cermat agar program ini dapat disalurkan secara tepat sasaran. Dengan begitu, dana yang dibagikan bisa membantu daya beli masyarakat miskin.

    "Kartu prakerja, BLT, semua jalan. Minggu ini jalan, kita harap Minggu depan semua jalan dengan bagus, jadi kalau itu sudah jalan semua (pendataan) nanti kita lihat langkah berikutnya apa," kata Luhut dalam video conference, Selasa (14/4/2020).

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menegaskan pelaksanaan program-program jaring pengaman sosial harus segera dilakukan. Hal itu demi meminimalkan dampak penyebaran wabah Covid-19 atau virus corona di Indonesia.

    Jokowi sendiri menekankan tiga hal utama yang diperlukan agar penyaluran program jaring pengaman sosial dapat berjalan efektif. Hal pertama yang ditekankan, yaitu penyalurannya yang tepat sasaran.

    Hal kedua, penyalurannya harus secepat mungkin. Selain itu, hal ketiga agar penyaluran berbagai bantuan sosial dari pemerintah harus dapat berjalan seefisien mungkin.

    “Gunakan cara-cara praktis, tidak berbelit-belit, dan tidak menyulitkan masyarakat,” ucap Jokowi.

    Mantan Wali Kota Solo itu juga menambahkan  agar jaring pengaman sosial tersebut melibatkan sektor usaha mikro, usaha kecil dan pedagang sembako di pasar, jasa transportasi seperti ojek online. Hal tersebut bertujuan agar bantuan sosial yang disalurkan bisa menggerakkan perekonomian masyarakat.

    “Sehingga bisa menggerakkan usaha-usaha dan juga ekonomi ikut bergerak,” ujar Jokowi.

    Sebagai informasi, program bantuan sosial yang disiapkan pemerintah di antaranya, Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Pra-Kerja, Keringanan Tarif Listrik, Dana Kebutuhan Pokok dan Keringanan Pembayaran Kredit.

    No comments