Sanksi AS Atas Kuba Mempersulit Penanganan Covid-19 di Negara Itu - Trias Politika
  • Breaking News

    Sanksi AS Atas Kuba Mempersulit Penanganan Covid-19 di Negara Itu

    ilustrasi



    HAVANA - Kementerian Kesehatan Kuba telah memperingatkan dampak sanksi AS terhadap negaranya selama masa epidemi virus Corona yang lebih menindas dan merusak.

    Kementarian Kesehatan Kuba dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pembatasan ketat Washington terhadap Havana menjegal pengiriman produk medis dan farmasi yang akan mempersulit penanganan virus corona.

    Prensa Latina, kantor berita pemerintah Kuba melaporkan, baru-baru ini pengiriman kargo yang disumbangkan oleh Jack Ma, pendiri perusahaan e-commerce terbesar Cina Alibaba, termasuk masker, alat uji dan alat pernapasan buatan (ventilator) ke Kuba terhambat karena sanksi Washington.

    Amerika Serikat baru-baru ini juga mengeluarkan Kuba dari daftar 106 negara yang menerima $ 508 juta bantuan asing, meskipun ada permintaan dari organisasi internasional untuk mengurangi sanksi dan blokade ekonomi.

    Penghapusan Kuba dari daftar negara-negara penerima bantuan dibuat berdasarkan keputusan Kementerian Luar Negeri AS dan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

    Kementerian Keuangan AS juga menekankan dalam sebuah dokumen bahwa mereka akan mempertahankan kebijakan sanksi dan menjatuhkan sanksi berat terhadapa Kuba, meskipun negara ini menghadapi situasi sulit akibat penyebaran wabah Covid-19.

    Di tengah meluasnya penyebaran wabah virus Corona, sejumlah lembaga dan pejabat di seluruh dunia telah menyerukan pengurangan dan penangguhan sanksi AS terhadap berbagai negara, termasuk Kuba.

    No comments