Senator Ini Sebut Kebijakan Donald Trump Bikin Iran Makin Kuat dan AS Makin Lemah - Trias Politika
  • Breaking News

    Senator Ini Sebut Kebijakan Donald Trump Bikin Iran Makin Kuat dan AS Makin Lemah

    Senator Amerika, Chris Murphy 



    WASHINGTON - Senator Amerika, Chris Murphy mengatakan kebijakan Presiden Donald Trump membuat Iran menjadi lebih kuat dan AS semakin lemah.

    Dia menyampaikan hal itu via akun Twitter-nya dalam menanggapi peluncuran satelit militer pertama Iran, Noor ke luar angkasa. Demikian dikutip IRNA, Kamis (23/4/2020) malam.

    “Ini bukti bahwa sekarang Iran dari segala sisi lebih kuat di Asia Barat, sementara Amerika lebih lemah dibanding empat tahun lalu,” ujar Murphy.

    Dia menambahkan bahwa ketika Trump menduduki kursi kepresidenan pada tahun 2016, Iran tidak menyerang pasukan Amerika di Irak, dan sekarang terbukti betapa kebijakan Trump telah menciptakan bencana.

    Mengenai keputusan Trump keluar dari perjanjian nuklir JCPOA dan rencananya untuk memaksakan sebuah kesepakatan baru kepada Iran, Murphy menuturkan rencana ini juga akan berakhir pada kegagalan yang memalukan.

    “Tidak ada negara yang bergabung dengan sanksi baru dan Iran telah memulai kembali program nuklirnya,” tambahnya.

    Menurut senator Demokrat ini, kebijakan Trump tentang sanksi ekonomi sepihak dan ketegangan militer yang membabi buta terhadap Iran, tidak membawa keuntungan apapun.

    “Kebijakan ini hanya menguntungkan Iran, sehingga mereka sekarang lebih kuat dan kita semakin lemah, peluncuran satelit adalah contoh lain untuk membuktikan hal ini,” ungkapnya.

    Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) pada Rabu lalu, sukses meluncurkan satelit militer pertama Iran untuk kepentingan pertahanan. Satelit Noor diterbangkan dengan roket peluncur tiga tahap, Qased dan mengorbit bumi pada ketinggian 425 kilometer.

    No comments