3 Kota Ini Boleh Salat Jumat Jelang New Normal - Trias Politika
  • Breaking News

    3 Kota Ini Boleh Salat Jumat Jelang New Normal

    Masjid Nasional Ak Akbar



    JAKARTA - Sebanyak 3 kota mulai membuka masjid seiring dengan pelonggaran pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kondisi tersebut dilakukan menjelang tatanan hidup baru atau new normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

    Sebanyak 2 dari 3 kota itu berada di Jawa Barat (Jabar) yakni Kota Bekasi dan Bogor. Sisannya di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar). Di 3 kota itu, telah mengizinkan warganya menggelar salat Jumat.

    Berikut daftar daerah yang akan mulai menggelar salat jumat.

    1. Bukittinggi
    Bukittinggi menjadi salah satu daerah yang tidak memperpanjang PSBB. Pemerintah daerah akan membuka beberapa fasilitas termasuk masjid.

    Salat Jumat pun akan dilaksanakan lagi pada hari ini (29/5/2020). Meskipun sudah diizinkan, protokol kesehatan untuk pencegahan wabah corona virus disease (Covid-19) terus dilakukan.

    Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias menyebutkan langkah ini sebagai tanda menyongsong kenormalan baru (new normal). "Untuk mendukung aktivitas kembali di masjid, Pemkot mulai Kamis siang melakukan penyemprotan disinfektan di semua masjid," katanya kemarin.

    Dia mengimbau jemaah yang beraktivitas di masjid tetap mengenakan masker. Kemudian diwajibkan membawa sajadah sendiri, berwudu dari rumah dan selalu menjaga jarak.

    2. Bogor
    Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor juga telah mengizinkan kegiatan keagamaan di masjid mulai hari ini. Namun sementara yang boleh beraktivitas hanya masjid di lingkungan permukiman warga tingkat RT/RW.

    Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan protokol kesehatan harus tetap dijalankan selama kegiatan keagamaan di masjid. Mulai dari pengukuran suhu tubuh, memakai masker, hingga menjaga jarak antarjemaah.

    Sementara Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor Ade Sarmili mengatakan, ada 875 masjid di wilayah Kota Bogor yang terbagi dalam 2 kategori, yaitu masjid sektor dan masjid jami.

    "Ada masjid sektor di perusahaan atau perkantoran, ada masjid jami di wilayah jalan-jalan besar. Bagi masjid yang bersentuhan sangat tinggi, yang datang ke luar Kota Bogor di pinggir Jalan Masjid Raya misalnya itu tidak dibuka dulu," tuturnya.

    3. Bekasi
    Bekasi belum menggelar Salat Jumat hari ini. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan mulai membuka ibadah pada pekan depan.

    Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, pembukaan masjid sudah bisa dilakukan karena zona merah corona terus berkurang. "Daerah hijau sampai dengan saat ini ada 50 dari 56 kelurahan loh, jadi tidak sampai 10 persen (yang zona merah)," katanya.

    No comments