PM China Li Keqiang Bujuk Rakyat Taiwan Tolak Merdeka - Trias Politika
  • Breaking News

    PM China Li Keqiang Bujuk Rakyat Taiwan Tolak Merdeka

    Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang


    BEIJING - Beijing membujuk rakyat Taiwan bergabung dalam gerakan menentang kemerdekaan pulau itu dari China. Seruan ini disampaikan Perdana Menteri (PM) China Li Keqiang, Jumat (22/5/2020).

    Seruan PM Li disampaikan pada pembukaan sidang tahunan Parlemen. "Kami akan mendorong mereka untuk bergabung dengan kami dalam menentang kemerdekaan Taiwan dan mempromosikan reunifikasi China. Dengan upaya ini, kami pasti dapat menciptakan masa depan yang indah untuk peremajaan bangsa China," katanya, seperti dikutip Reuters.

    Pada Rabu lalu, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan China harus hidup berdampingan dengan Taiwan.

    "Taiwan ingin berdialog dengan China, tetapi tidak dapat menerima proposal untuk 'satu negara, dua sistem'," kata Tsai dalam pidato pelantikannya sebagai presiden untuk periode kedua.

    Bereaksi setelah pidato Tsai, seorang pejabat senior China yang dikutip media pemerintah, Xinhua, mengatakan Beijing tidak pernah mentoleransi pemisahan pulau itu.

    Tsai dan Partai Progresif Demokratik (PDP)-nya memenangkan pemilihan presiden dan parlemen Januari lalu. Dia bersumpah untuk menentang China, yang masih mengklaim Taiwan sebagai miliknya dan mengancam akan menggunakan kekuatan militer untuk memaksa Taiwan tunduk.

    No comments