Tingginya Jumlah Kasus Positif Covid-19, PSBB Surabaya Diperpanjang Hingga Juni - Trias Politika
  • Breaking News

    Tingginya Jumlah Kasus Positif Covid-19, PSBB Surabaya Diperpanjang Hingga Juni

    (Foto: Antara/ Didik Suhartono)



    SURABAYA - Melihat semakin tingginya jumlah penambahan kasus positif Covid-19 di Jawa Timur, akhirnya Surabaya Raya, yakni Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik, sepakat untuk memperpanjang penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga  8 Juni 2020 nanti.

    PSBB ini adalah yang ke tiga kalinya, setelah tahap pertama lalu 28 April - 11 Mei, serta tahap kedua pada 12 Mei - 25 Mei, dinilai belum berhasil menekan angka penyebaran Covid-19. Bahkan, pada tahap kedua, angka penambahan drastis di Kota Surabaya.

    Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono menuturkan, perpanjangan itu, tertuang dalam Keputusan Gubernur no 188.258/KPTS/013/2020, Tentang Perpanjangan ke Dua PSBB penanganan Covid-19 di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik.

    "Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, memutuskan untuk melanjutkan PSBB tahap ketiga," ujarnya, Senin malam (25/5/2020).

    Heru mengungkapkan, keputusan dan kesepakatan perpanjangan PSBB sedianya telah dilakukan melalui rapat evaluasi sehari sebelum lebaran, tepatnya pada 23 Mei 2020 lalu. Dimana itu rapat dihadiri Walikota Surabaya, Plt Bupati Sidoarjo, dan Bupati Gresik.

    "Masing masing yang menyepakati dilakukan perpanjangan kembali pemberlakuan PSBB di wilayah Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik," imbuhnya.

    Dengan demikian, perpanjangan PSBB tahap III diterapkan selama 14 hari ke depan, terhitung dimulai sejak tanggal 26 Mei hingga 8 Juni 2020 nanti. Kebijakan tersebut masih bisa diperpanjang kembali.

    "Menunjuk Walikota Surabaya, Bupati Sidoarjo dan Bupati Gresik, sebagai penanggung jawab operasional pelaksanaan perpanjangan kedua perberlakuan PSBB di wilayahnya masing masing," tuturnya.

    Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 di Jatim, per Senin (25/5/2020) bertambah 233 orang. Komulatif tambahan dari Surabaya Raya sebanyak 156 orang. Sehingga total kasus positif Covid-19 sebanyak 3.875.

    Sedangkan pasien sembuh atau terkonversi negatif, bertambah 17 orang. Total yang pasien sembuh dari Covid-19 sampai saat ini berjumlah 506 orang.

    Kemudian yang meninggal bertambah 9 orang. Totalnya kini sebanyak 303 orang.

    No comments