Ucapkan Selamat Lebaran, Presiden: Idul Fitri Kali Ini Momentum Pererat Persaudaraan Bangsa - Trias Politika
  • Breaking News

    Ucapkan Selamat Lebaran, Presiden: Idul Fitri Kali Ini Momentum Pererat Persaudaraan Bangsa

    Presiden Joko Widodo rayakan lebaran di istana Bogor (ist dok)



    JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah kepada seluruh rakyat Indonesia dalam acara Takbir Virtual Nasional dan Pesan Idul Fitri yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag), Sabtu (23/5/2020) malam. Jokowi mengajak masyarakat Indonesia menjadikan perayaan Idul Fitri tahun ini dijadikan sebagai momentum untuk mempererat tali persatuan dan persaudaraan bangsa Indonesia.

    Pesan itu disampaikan Jokowi mengingat umat Muslim di Indonesia melaksanakan ibadah bulan Ramadan dan merayakan Idul Fitri di tengah wabah covid-19. Menurutnya covid-19 bisa dikalahkan bila semua elemen bersatu sebagai bangsa Indonesia.

    "Hari raya Idul Fitri adalah hal yang tepat untuk terus menjaga keutuhan bangsa dan menjaga erat tali perasaudaraan serta ikatan persatuan sebagai anak bangsa," katanya.

    Tak lupa, Jokowi juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama berikhtiar dalam menghadapi cobaan pandemi virus covid-19 yang saat ini sedang melanda Indonesia. Yaitu dengan melaksanakan protokol kesehatan dan menahan diri tidak mudik.

    "Semoga Allah SWT senantiasa meridai ikhtiar kita bersama untuk mencegah penyebaran covid-19 dan memberi kekuatan kita agar menjadi pemenangnya. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin," ucapnya.

    Sebelumnya, Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin mengatakan, takbir virtual digelar agar dapat mengobati kerinduan umat Islam terhadap ritual malam takbiran yang biasanya dilaksanakan jelang 1 Syawal. Takbir nasional itu dilaksanakan dari Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat dan hanya diikuti beberap orang.

    "Jadi malam ini kita bisa tetap mengucapkan takbir bersama meski lewat virtual. Mari kumandangkan takbir dari rumah kita masing-masing dengan suka cita," ucapnya.

    No comments