Aksi Simpatik! Dari New York Hingga Florida, Polisi Berlutut Dihadapan Demonstran - Trias Politika
  • Breaking News

    Aksi Simpatik! Dari New York Hingga Florida, Polisi Berlutut Dihadapan Demonstran

    Aksi Simpatik! Dari New York Hingga Florida, Polisi Berlutut Dihadapan Demonstran



    FLORIDA - Di tengah unjuk rasa besar yang sedang melanda Amerika Serikat (AS), pemandangan tak biasa terlihat di sejumlah titik-titik kerusuhan.

    Para polisi di berbagai wilayah, mulai dari New York, Coral Gables, Des Moines, Iowa, hingga Florida, tampak berlutut di depan para demonstran pendukung George Floyd yang tewas dicekik polisi.

    Seperti yang terjadi di New York pada Minggu (31/5) saat beberapa polisi berlutut di depan para demonstran. Pengunjuk rasa pun terkejut dan tertegun melihat tindakan polisi yang menunjukkan simpati pada aksi demonstran.

    Demonstran pun tampak terkejut dan merespon tindakan para polisi itu dengan bertepuk tangan gembira. Aleeia Abraham merekam video saat para polisi berlutut saat unjuk rasa di Queens menuntut keadilan bagi Floyd.

    “Saya benar-benar tidak mengira itu. Saya belum pernah melihat itu,” kata Abraham, dilansir CNN.

    Saat mereka berlutut, seorang demonstran menyebutkan nama-nama orang kulit putih yang tewas dalam insiden berbau rasisme, termasuk Trayvon Martin dan Ahmaud Arbery.

    Para polisi di Des Moines, Iowa, juga menunjukkan sikap solidaritas dengan berlutut di depan para pengunjuk rasa. Aksi itu sebagai penghormatan pada Floyd yang tewas di tangan oknum polisi Minneapolis.

    Awalnya sekitar pukul 9 malam, semua demonstran berlutut untuk mengenang mendiang Floyd. Para demonstran mengatakan bahwa mereka akan membubarkan diri jika polisi juga berlutut untuk menghormati Floyd.

    Didorong oleh seorang pastor, polisi senior Des Moines, Irvin Franklin dan Jack Kamerick berlutut dan berdoa. Pastor itu kemudian bicara dengan demonstran dan polisi, meyakinkan demonstran untuk menjamin polisi bahwa mereka akan membubarkan diri dengan damai jika semua polisi berlutut mengheningkan cipta dan berdoa untuk Floyd. Pada pukul 9.01 malam, semua polisi tampak berlutut.

    Kelompok polisi lain datang dari utara untuk membubarkan demonstran. Demonstran pun meminta polisi itu juga berlutut. (Baca Juga: Api Membakar Dekat Gedung Putih, Toko-toko Dijarah di New York City)

    Demonstran menjamin jika polisi berlutut, mereka akan membubarkan diri dengan damai. Para polisi itu pun berlutut seluruhnya.

    No comments