AS Keluar dari Perjanjian Open Skies, Putin: Moskow Akan Segera Tentukan Sikap! - Trias Politika
  • Breaking News

    AS Keluar dari Perjanjian Open Skies, Putin: Moskow Akan Segera Tentukan Sikap!

    Presiden Rusia Vladimir Putin



    MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Moskow akan segera menentukan sikapnya dalam menanggapi keluarnya Washington dari Perjanjian Open Skies.

    Dia mengungkapkan hal itu dalam pertemuan Dewan Keamanan Nasional Rusia yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (30/5/2020) seperti dikutip IRNA.

    "Kita harus menentukan sikap terkait keluarnya AS dari Perjanjian Open Skies dan Perjanjian Start Baru," ujar Putin.

    Perjanjian Open Skies adalah sebuah kesepakatan antara 34 negara yang memungkinkan penerbangan pesawat pengintai di atas wilayah negara-negara anggota perjanjian.

    AS baru-baru ini memutuskan keluar dari perjanjian tersebut dengan alasan adanya pelanggaran oleh Rusia. Namun Moskow membantah tuduhan tersebut.

    Berbicara mengenai Perjanjian Start Baru, presiden Rusia mengatakan masa berlaku traktat ini akan segera berakhir, tetapi pembicaraan serius terkait masalah yang sangat penting ini belum dimulai.

    Perjanjian Start Baru untuk mengurangi arsenal nuklir ditandatangani antara AS dan Rusia pada 2010, dan masa berlaku traktat ini akan berakhir pada Februari 2021.

    Para pejabat Moskow sudah sering menyampaikan kekhawatiran atas ketidakpedulian Washington tentang masa depan Perjanjian Start Baru ini.

    No comments