Kapolri Terbitkan Telegram Mutasi Jabatan, Penyidik KPK Teman Novel Baswedan Jadi Kapolres Grobogan - Trias Politika
  • Breaking News

    Kapolri Terbitkan Telegram Mutasi Jabatan, Penyidik KPK Teman Novel Baswedan Jadi Kapolres Grobogan

    Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. (Foto: Antara).




    JAKARTA- Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis menerbitkan dua surat telegram berisi mutasi jabatan terhadap 129 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. Mutasi dalam rangka penyegaran organisasi dan pembinaan personel.

    Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam surat telegram nomor ST/1602/VI/KEP/2020 dan ST/1603/VI/KEP/2020 tertanggal 5 Juni 2020. Telegram ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan.

    Di jajaran pamen, terdapat 13 kapolres yang diganti. Mereka ada yang bertukar posisi (rotasi), ada pula yang dipromosikan di jabatan lebih tinggi. Pergerakan jabatan ini membuat pamen di institusi lain turut mengisi kursi yang ditinggalkan para kapolres itu.

    Promosi antara lain didapatkan AKBP Yuri Leonard Siahaan. Pamen Bareskrim Polri yang ditugaskan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini dipromosikan sebagai Kapolres Grobogan, Polda Jawa Tengah. Yuri menggantikan AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho yang dipindah menjadi Kapolres Pemalang.

    Yuri merupakan penyidik di lembaga antirasuah. Dalam rekam jejaknya, saat berpangkat inspekstur satu (iptu) Yuri tercatat pernah menjadi penyidik di Satreskrim Polres Bengkulu.

    Atasannya langsung saat itu yakni Novel Baswedan yang menjabat kasat reskrim. Mereka akhirnya satu kantor lagi saat ditugaskan di KPK. Bersama Novel pula dia menangani sejumlah kasus korupsi kelas kakap.

    Di jajaran pati, yang dimutasi antara lain Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto dari Wakapolda Sumut menjadi Kasetukpa Lemdiklat Polri. Selain itu, Brigjen Pol Dadang Hartanto dimutasi dari Karorenmin Bareskrim Polri menjadi Wakapolda Sumut.

    Selain itu Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Aneka Pristafuddin diberi tugas baru sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

    No comments