Moskow Minta Washington Tak Ikut Campur Urusan Hong Kong - Trias Politika
  • Breaking News

    Moskow Minta Washington Tak Ikut Campur Urusan Hong Kong

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. Foto/TASS




    MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan situasi di Hong Kong adalah urusan dalam negeri China. Rusia pun meminta Amerika Serikat (AS) untuk tidak ikut campur.

    Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova mengatakan, upaya-upaya untuk menggunakan Dewan Keamanan PBB guna membahas situasi di sekitar Hong Kong menunjukkan bahwa AS sedang berusaha "menyelesaikan masalah" dengan China.

    "Tindakan semacam itu merusak kedaulatan China, mereka adalah pelanggaran terang-terangan terhadap norma-norma dasar hukum internasional yang ditetapkan dalam Piagam PBB. Kami berpikir bahwa mereka semata-mata didikte oleh (AS) keinginan untuk mengakhiri skor dengan lawan kebijakan luar negerinya," katanya seperti dikutip dari CGTN, Jumat (5/6/2020).

    Pernyataan Zakharova datang di tengah peringatan satu tahun China dan Rusia meningkatkan hubungan bilateral ke kemitraan strategis koordinasi yang komprehensif untuk era baru.

    Sebelumnya legislatif China mengadopsi keputusan untuk membuat undang-undang keamanan nasional bagi Hong Kong minggu lalu untuk melawan campur tangan asing dan upaya untuk mencari kemerdekaan bagi wilayah administrasi khusus itu.

    No comments